Senin, 29 April 2013

[Press Release] Mr. Size van Java 28 April 2013

Jam baru menunjukan pukul 7 pagi namun keadaan Graha Persib hari itu sudah cukup ramai. Dari orang-orang yang mengatur sound system, arumba, juga panitia yang sibuk naik turun untuk persiapan terakhir sebelum acara dimulai. Ya, pada hari Minggu tanggal 28 April 2013 akhirnya acara kami yang bertajuk Mr. Size van Java diselenggarakan.

Mr. Size van Java adalah kependekan dari "My Rockstar (Mr) Siwon, Zhoumi, Eunhyuk (Size) van Java" sementara van Java nya sendiri diambil karena akan ada unsur budaya yang dimasukan ke dalam acara ini. Ide acara ini muncul karena sang ketua pelaksana, Nurina Nirmala, merasa bosan dengan konsep acara gathering yang isinya begitu-begitu saja. Akhirnya, setelah mengumpulkan orang-orang yang berbakat di bidangnya, dimulailah rapat pertama untuk membuat acara ini dapat terselenggara.

Acara dimulai pukul 11.15 (terlambat 15 menit dari jadwal) dan dibuka dengan video SS4 Superman yang diteruskan dengan video SS3 Don't Don. Setelah pembukaan dari dua orang MC kami, Dian dan Adan, maka secara resmi dimulai. SN Boys muncul sebagai penampil pertama, mereka membawakan From U dengan apik. Peserta yang hadir semakin antusias ketika beberapa member turun untuk membagikan coklat ke peserta. Setelah lagu berhenti, MC memperkenalkan mereka satu persatu diiringi tepuk tangan dari para hadirin. Karena permintaan dari salah satu panitia, akhirnya anggota SN Boys dikerjai, mereka diminta untuk bersama-sama melakukan gwiyomi.

Setelahnya acara di lanjutkan dengan kuis sebagai pemanasan. Beberapa peserta berhasil mendapatkan hadiah hiburan berupa photo card member Super Junior. Selanjutnya trio Hansamo Voice yang bertugas untuk menghibur pengunjung. Mereka menyanyikan Promise You dari Super Junior KRY. Pengunjung ikut larut dalam suasana dan bersama-sama mereka ikut menyanyikan lagu tersebut. Mengikuti jejak penampil selanjutnya, trio inipun tidak luput dari keisengan dua MC, mereka juga diminta melakukan gwiyomi di atas panggung.

Dalam acara ini, panitia tidak hanya ingin peserta bersenang-senang, namun juga ingin mengingatkan ELF pada umumnya dan peserta pada khususnya untuk berbagi. Di sesi ini, Nurul Itqi bertugas untuk menyampaikan penjelasan mengenai ELF Soldier. Apa itu ELF Soldier? ELF Soldier merupakan wadah bagi ELF untuk melakukan kegiatan sosial. Di sini ELF diajak untuk bersama-sama membantu orang yang membutuhkan, baik secara materi maupun tenaga.

Setelah berisitirahat selama kurang lebih setengah jam, akhirnya acara kembali dilanjutkan dengan penampilan dari tim arumba cilik Saung Angklung Udjo. Para anggota yang terlihat masih imut-imut ini dengan apik membawakan medley lagu nusantara, Can't Help Falling in Love, Just The Way You Are, Doremi, dan Heal The World. Setelahnya mereka mengiringi penampilan Superior dengan Sexy, Free, & Single. Penampilan Superior kali ini terasa sangat berbeda karena diiringi musik arumba, bukan hanya audio seperti biasa. Tepuk tangan yang meriah kembali memenuhi ruangan ketika penampilan mereka selesai.

Dalam sesi selanjutnya, salah satu anggota Blitz, boyband dari Asia Rama (media partner - red), naik ke atas panggung dan melakukan beat boxing. Peserta terpukau dengan bakat unik yang dimiliki dan segera saja ruangan kembali riuh saat Blitz membawakan Mr. Simple dengan beat boxingnya. Setelahnya seluruh anggota naik ke atas panggung, lalu mereka menyanyikan No Other. Kali inipun peserta ikut menyanyi bersama.

Dengan tema percampuran budaya, panitia menyisipkan sesi belajar aksara Sunda dalam acara ini. Beberapa peserta diminta untuk maju ke depan dan mereka dibagikan kertas yang sudah berisi gambar anggota Super Junior. Mereka diminta untuk menuliskan nama-nama anggota Super Junior dalam aksara Sunda, siapa yang dapat mennuliskannya secara benar dan rapi akan emndapatkan hadiah berupa oficial post card dari panitia. Tanpa diduga, sesi ini mendapat respon yang baik. Peserta bersemangat menuliskan nama anggota kesukaan mereka. Panitia berharap dengan adanya sesi ini dapat menumbuhkan kecintaan pemuda Indonesia untuk mencintai kebudayaannya sendiri.

Acara kembali dilanjutkan dengan penampilan SN Boys yang membawakan remix Bonamana, Boom Boom, dan Go. Sempat terjadi mati listrik di tengah penampilan yang membuat panitia juga penampil sedikit panik. Untuk meredakan ketegangan, secara serempak peserta meneriakan "Gwenchana! Gwenchana! (tidak apa-apa - red)". Tidak lebih dari lima menit kemudian SN Boys kembali meneruskan penampilan mereka dengan baik.

Setelah games kedua, tim arumba kembali tampil. Kali ini mereka membawakan dua lagu Super Junior, yaitu You & I dan Sorry, Sorry. Di lagu pertama, MC meminta semua peserta juga panitia untuk ikut menari seperti video yang ditampilkan. Dengan kompak mereka menari bersama diiringin oleh musik arumba. Setelahnya anggota tim arumba bertukar posisi dan segera memainkan Sorry, Sorry. Saya pribadi sangat menantikan penampilan yang satu ini. Lagu Sorry, Sorry yang menjadi trade mark Super Junior dibawakan dengan sangat luar biasa. Hentakan drumnya membuat saya bersemangat dan ingin menari.

Games yang paling menarik, menurut saya, berada di sesi ini. Dibantu oleh beberapa bintang tamu, peserta diminta untuk merayu bintang tamu tersebut menggunakan bahasa Sunda. Tidak hanya itu, mereka juga diminta untuk menyelipkan judul-judul lagu dari Super Junior dalam rayuan mereka hingga bintang tamu terenyuh. Seisi ruangan dibuat meleleh oleh rayuan salah satu peserta yang menyelipkan kalimat, "... aa, cinta eneng ka aa moal pareum siga sapphire blue... (kak, cintaku padamu tidak akan padam seperti sapphire blue - red)" dan dia berhasil membawa pulang hadiah dari panitia.

Setelah sesi rayu merayu selesai, acara dilanjutkan ke acaara puncak. Video birthday project diputar dan dilanjutkan dengan sesi tiup lilin juga pemotongan kue layaknya pesta ulang tahun pada umumnya. Ketua pelaksana hadir ke atas panggung membawakan kue ulang tahun, diikuti beberapa bintang tamu juga peserta untuk mewakili tiup lilin. Sesi ini berlangsung meriah karena ulah MC yang meminta bintang tamu menyuapi peserta yang maju ke depan.

Namun berbeda dari pesta ulang tahun lainnya dimana tamu undangan diharuskan membawa hadiah, dalam acara ini malah tamu undangan yang dibagikan banyak sekali hadiah. Hadiah utama berupa sebuah photo book Super Show 4 yang didatangkan jauh-jauh dari Korea, berhasil dibawa pulang oleh pemilik undian bernomor 115. Selamat!

Rangkaian acara penutup dibuka dengan video SS2 Shining Star, dilanjutkan SS1 Marry U. Peserta diajak bernostalgia, kembali mengingat masa-masa sulit Super Junior di tahun-tahun pertama mereka debut dan belum sepopuler saat ini. Hansamo Voice setelahnya membawakan Gray Papper millik Super Junior Yesung yang menjadi soundtrack drama terkenal Korea That Winter The Winds Blow. Lagu ini sengaja di pilih oleh panitia sebagai tribute untuk Yesung yang akan segera melaksanakan wajib militernya pada tanggal 6 Mei mendatang. Peserta pun dibuat meneteskan air mata saat video tribute untuk Yesung diputar. Acara secara resmi ditutup setelah Superior selesai menampilkan remix Breakdown, IGAB, Alone, dan Oppa, Oppa.

Acara resmi berakhir, namun kenangan akan teringat selamanya. Terima kasih untuk peserta yang sudah hadir, tamu undangan yang ikut memeriahkan, bintang tamu, media partner, terutama panitia yang sudah bekerja keras membuat sebuah ide menjadi nyata. Terima kasih banyak! Sampai jumpa di acara kami selanjutnya!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar